Kamis, 04 Juli 2013

Persyaratan Daftar Nikah di KUA :))

Assalamualaikum..

Alhamdulillah, dari kemarin ingin sekali posting tapi baru kesampaian sekarang ini. Hehe.. Saya mau sharing tentang persyaratan yang harus dipersiapkan untuk daftar nikah di KUA. Karena belum lama ini saya mencoba mengurusi sendiri berdua dengan pacar saya. Berhubung tempat nikah saya besok di lain Kecamatan dari tempat tinggal saya, jadi harus bikin Surat Rekomendasi Nikah juga deh. Hehe..

Berikut persyaratan yang harus dipersiapkan, antara lain :

1) Minta Pengantar RT/RW, dengan membawa :
   - Foto Copy Kartu Keluarga
   - Foto Copy KTP
   - Materai 6.000 (kemarin Bu RT ditempat pacar saya memberikan contoh selembar Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah. Pacar TTD diatas materai, terus TTD-nya diketahui Orang Tua Kandung, RT & RW)

Biaya : Sekedar untuk pemasukan uang kas RT

2) Minta Pengantar Nikah dari Kelurahan, dengan membawa :
   - Pengantar RT/RW
   - Foto Copy Kartu Keluarga
   - Foto Copy KTP (KTP saya, pacar, ibu & bapak saya)

Dari Kelurahan mendapat Surat Keterangan Untuk Nikah (N-1), Surat Keterangan Asal Usul (N-2), Surat Keterangan Tentang Orang Tua (N-4) & Surat Keterangan Wali (N-3).

Untuk di Kelurahan, biaya Rp 50.000 :))

3) Minta Surat Rekomendasi Nikah di KUA tempat tinggal asal, dengan membawa :
   - Pengantar RT/RW
   - Foto Copy Kartu Keluarga
   - Foto Copy KTP (KTP saya, pacar, ibu & bapak saya)
   - Surat N-1, N-2, N-4 & Surat Keterangan Wali (N-3) dari Kelurahan
   - Pas Foto 2x3 (4 lembar) & 4x6 (1 lembar)
   - Foto Copy Akta Lahir
   - Foto Copy Ijazah
   - Foto Copy Surat Nikah Ibu Bapak saya

Dari KUA mendapat selembar Surat Rekomendasi Nikah & 1 berkas persyaratan diatas dikembalikan lagi ke saya untuk dilampirkan & diberikan ke KUA yang dituju.

Biaya membuat Surat Rekomendasi Nikah Rp 50.000 - Rp 100.000 :))

4) Daftar Nikah di KUA yang dituju, dengan membawa :
   - 1 berkas lampiran dari KUA tempat tinggal asal saya
   - Surat Rekomendasi Nikah dari tempat tinggal asal saya
   - Surat Rekomendasi Nikah dari tempat tinggal pacar
   - Surat N-1, N-2, N-4 & Surat Keterangan Numpang Nikah (PM-1) dari Kelurahan tempat tinggal pacar
   - Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah dari pacar
   - Pas Foto pacar, 2x3 (4 lembar) & 4x6 (1 lembar)
   - Foto Copy Akta Lahir pacar
   - Foto Copy Ijazah pacar

Biaya di KUA : Administrasi Rp 30.000, menginfaqkan Al-Qur'an Rp 35.000, buku panduan Rp 10.000.

Untuk biaya penghulunya diberikan setelah akad nikah selesai. Range harganya dari Rp 500.000 - Rp 700.000.

Semoga Bermanfaat :)

10 komentar:

ankhe mengatakan...

wah selamat ya mau nikah..moga lancar semuanya, btw nice info nih postnya..

Fina mengatakan...

mbak,ngurus2 administrasi gini butuh waktu berapa lama ya?makasih sebelumnya..:)

wede41 mengatakan...

Makasih ya kak ankhe doanya :) Alhamdulillah kemarin acaranya berjalan lancar & sukses :) Makasih kak ;) Btw postingan diblog kak ankhe jg keren ;) Share jg dong kak harga2 penginapan & transportnya kak :p Biar ada bayangan harga2nya. Hehe.. *peace ya kak* :p

wede41 mengatakan...

Ngurusnya cuma seharian aja kok mba :) Bisa ditunggu semua surat2nya :) Semoga membantu ya :)

Unknown mengatakan...

Mbak tuh bayar penghulu pake amplop seikhlasnya atau emang dipatok dengan harga segitu?? makasih..

singgih mengatakan...

makasih infonya ya...

Anonim mengatakan...

Itu prosesnya berapa lama ya mbak dari tahap 1-selesai?

Terima Kasih.

Unknown mengatakan...

mbk,, seumpama slh satu surat kurang
misal akta kelahiran gk ada. itu gimana ya..
bisa ato gak.. mungkin mbk tau.
trimakasih sblumnya

Anonim mengatakan...

makasih bgt infonya...

buleeey mengatakan...

marry me? hehehe http://wrhphilosophers.blogspot.co.id/2017/12/kisah-zen-pikiran-pemula-zen-suzuki-roshi.html